Pengembangan kurikulum merupakan
suatu keniscayaan, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
tuntutan sosial masyarakat, dan perkembangan global, serta dilakukan secara
periodik. Rekonstruksi kurikulum PAI dan Bahasa Arab sebagai upaya pengembangan
pendidikan karakter bangsa (nation character building). Kurikulum PAI dan
Bahasa Arab 2008 masih perlu penyempurnaan dalam aspek scope, sequence, dan
strukturnya.
Alasan Pengembangan Kurikulum Dalam
rangka peningkatan kompetensi siswa madrasah sesuai dengan dinamika pendidikan
nasional dan global ; Usulan ormas Islam penyelenggara lembaga pendidikan
(Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, Al Irsyad, Nahdlatul Wathan, Persatuan Umat
Islam, Persatuan Islam, Tarbiyah Islamiyah, dll.) akan pentingya penguatan
konten mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab sebagai ciri khas
madrasah Berdasarkan PMA NO.2 Thn. 2008, ; Masukan dari pakar dan guru madrasah
tentang perlunya melakukan pengembangan kurikulum PAI dan Bahasa Arab dalam
rangka rekonstruksi kurikulum 2008 baik dari segi struktur maupun substansinya.
Rasionalitas Penambahan Jam
Pelajaran PAI dan Bahasa Arab meliputi :
- Pembelajaran PAI pada madrasah tidak saja mengembangkan aspek kognitif tetapi juga mengembangkan aspek afektif dan psikomotor.
- Pembelajaran Bahasa Arab pada madrasah harus bersifat holistik, disamping sebagai alat/prasyarat untuk penguasaan ilmu-ilmu keislaman Berdasarkan PMA NO.2 Thn. 2008 dan juga sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan sesuai dengan dinamika pembelajaran bahasa.
Isu Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab
pada Kurikulum 2013
- PAI sebagai mata pelajaran yang mengajarkan konsep Islam rahmatan lil’alamin untuk membentuk masyarakat Indonesia yang ramah, toleran, serta menjunjung norma dan nilai-nilai kemanusiaan.
- PAI sebagai basis pedidikan karakter bangsa dan pengenalan diri.
- Pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual dan sebagai upaya menciptakan budaya religius di madrasah.
- Pembelajaran Bahasa Arab sebagai alat untuk mendalami ajaran Islam.
- Pembelajaran Bahasa Arab diarahkan pada penguasaan bahasa Arab aktif sebagai alat komunikasi lisan dan tulisan.
- Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab dengan menggunakan sumber belajar yang bervariasi.
- Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab yang holistik (kognitif, afektif, dan psikomotor) dalam kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar